Cerita Kelahiran Mamas Bayi (Part II)

Berburu Klinik Fetomaternal di Jakarta

Sabtu, 24 November 2018

Dari hasil cekup terakhir gue di BWCC, gue dirujuk sama dokter Dini untuk cek ke dokter fetomaternal.
Gue nanya rekomendasi dokter Dini untuk dokter fetomaternal perempuan di deket sini (re: Jakarta Selatan). Beliau merekomendasikan dr. Novi Resistantie, SpOG(K). Kata dokter Dini, beliau ini jago baca USG nya (dan yang pasti beliau perempuan makanya direkomendasiin ke gue).

Pulang dari BWCC, kita langsung hunting dokter Novi praktek dimana dan kapan. Qadarallah, paling dekat dokter Novi praktek hari Selasa. Aslinya dokter Dini nyuruh kita ke fetomaternal secepatnya dan langsung bawa hasilnya ke dokter dini lagi biar bisa ditindak lanjuti secepatnya juga. Tapi yaudah mau gimana lagi. Akhirnya kita bikin appointment dengan dokter Novi di hari Selasa depannya.

Sementara itu gue masih juga terus mengkonsumsi putih telor 6 butir sehari.

Senin, 26 November 2018

Jam 13:56, dari RS Bunda Margonda tiba-tiba whatsapp gue:
Selamat Siang dari RSU Bunda Margonda
Selasa, tgl 27/11/2018
Terdaftar dengan dr. Novi Resistantie, SpOG(K)
Mohon Maaf Menginfokan beliau tidak praktk karena cuti 27 s/d tgl 30 November 2018
Terimakasih
Cakeeeeepp... Tiba-tiba diinfoin dokternya cuti. Lah gagal dong cek ke fetomaternal.
Abis itu gue ngadu ke dokter Dini. Alhamdulillaah beliau mau aja nanggepin. Beliau lalu merekomendasikan nama berikutnya, dr. Eva Roria Silalahi, Sp.OG. Beliau praktek di RS Fatmawati, Hermina Ciputat, sama RS Brawijaya.

Mulailah kita berusaha bikin jadwal sama beliau. Sumpah yaa gue nelpon RS Fatmawati buat bikin janji kagak bisa-bisa sampe capek nelponnya. Nggak nyambung-nyambung. Nada tungguuuu terus. Sekalinya kesambung, pulsa gue abis. Abis itu nyoba lagi, nada tunggu karna CS sibuk terus lagi. Laa hawla wa laa quwwata illa billaah....

Nelpon ke RS Hermina ciputat, jadwalnya udah full. Di RS Brawijaya, cuma praktik hari Sabtu Ahad. *tau gitu kan kemarin bikin janji hari Ahad nya T____T

Kita nyari lagi dokter fetomaternal lainnya. Dapet nama dr. Astri Diah Anandita, SpOG (K) praktek di RS Siloam TB Simatupang. Udah bikin janji, nggak lama kemudian ditelpon balik sama pihak rumah sakitnya, katanya USG nya lagi lowres jadi nggak bisa dulu. Dicancel lagi..

Sampai detik ini, kriteria awal (perempuan, deket sini (Jakarta Selatan), dan murah), sudah terevisi menjadi hanya perempuan. Terserah deh di Jakarta mana aja, biayanya juga bismillah terserah deh berapa aja. Tapi tetep nggak ada juga.

Cari rumah sakit lain. Di Rumah Sakit Pondok Indah, dokter fetomaternalnya cowo semua. Di Kemang Medical Center ada tapi ternyata tadi pagi prakteknya, sebelum RS Bunda Margonda ngabarin kalau dokter novi cuti. Bagus!

Akhirnya dapet juga janji ketemu dokter Eva Roria di rumah sakit Hermina Ciputat besok harinya. Belajar dari pengalaman kemarin, kami buat juga janji di rumah sakit (duh lupa namanya maapp) di daerah Jakarta Timur di hari yang sama. Jadi kalau yang satu cancel, kami punya backup.

Selasa, 27 November 2018

dr. Eva praktik dari jam 14. Jam 08.14 pihak rumah sakit ngabarin kalau beliau praktiknya berubah jadi jam 16.00 - 17.00. Oke nggak papa. Yang di rumah sakit satunya siang juga tapi belum ada konfirmasi. Berarti kami ambil yang ini.

Tapi tiba-tiba jam 14.02 rumah sakit ngabarin lagi, kalau dr. Eva tidak jadi praktik disana karena ada tindakan di rumah sakit lain. Meanwhile udah terlambat buat ke rumah sakit yang di Jaktim tadi, nggak akan keburu. Maka hari ini, dengan buat janji ke dua dokter pun, kami gagal cek ke fetomaternal.

Akhirnya semua standar kami hapuskan. Sekarang kami cari dokter fetomaternal siapa aja, dimana aja, berapa aja, yang masih praktek hari ini. Biar bisa cepet dapet hasilnya, bisa cepet ditindak lanjuti sama dokter Dini lagi.

Alhamdulillaah dapet dokter fetomaternal yang praktek malam di YPK Mandiri, dengan dr. Trijatmo Rachimhadhi, SpOG (K). Kami langsung pergi ke YPK Mandiri dengan grab. Dari awal masuk mobil, perasaan gue udah nggak karuan. Mau nangis cuma masih ditahan.

Tapi akhirnya air mata nggak ketahan lagi dan langsung tumpah kayak air terjun begitu ngobrol sama dokter Trijatmo. Gimana enggak, beliau baru buka surat rekomendasi dari dokter Dini, langsung ditutup lagi. Dengan bahasa akademisi dan kebapakan, beliau menjelaskan kalau baiknya kasus kayak gue langsung ditangani sama dr. Bambang Karsono. Gue langsung mikir, kasus kayak gue ini maksudnya kasus kayak gimana? Anak gue kenapa?

Waktu dr. Trijatmo bilang gue harus langsung ketemu dokter Bambang aja, gue sempet panik. Gimana enggak, waktu kita nyari tau tentang dokter fetomaternal, nama dokter bambang memang paling banyak muncul. Banyak banget review tentang beliau. Tapi kalau mau ketemu beliau, harus bikin janji satu bulan sebelumnya! Gokil..

Gue menyampaikan hal tersebut ke dokter Trijatmo. Dan dengan santai beliau jawab, "Ah kata siapa.. Itu kan biasanya.. Tapi kalau untuk beberapa kasus yang perlu ditangani cepat, moso harus tunggu satu bulan juga.." Lalu setelahnya, beliau meminta ke suster (atau bidan?) yang membantu beliau untuk membuatkan janji gue ketemu dokter Bambang, besok!

Disini gue antara seneng bisa langsung ketemu dokter Bambang (yang legend itu) dan seneng karna dokter Trijatmo mau bantuin; sama khawatir, lah berarti anak gue kenapa deh? Sampai termasuk ke dalam kasus yang harus segera ditangani.. T__T

Besok malemnya, gue dateng lagi ke YPK Mandiri buat ketemu dokter Bambang, dengan perasaan campur aduk.

Rabu, 28 November 2018

Gue dateng ke YPK Mandiri sekitar jam 8 malam, karna kata suster (atau bidan?) yang kemarin sama dokter Trijatmo, gue bakal diperiksa terakhir jadi agak malem.

Dokter Bambang Karsono di YPK Mandiri praktek dari jam 4 sore sampai jam 10 malam kalo gue nggak salah, dan sehari periksa 15 pasien. Dan gue, adalah pasien (sempilan) ke 16 dan baru diperiksa jam setengah 11 malem. Daebak!

Tapi yang gue paling salutin dari dokter Bambang, walaupun gue diperiksa semalam itu, dan gue adalah pasien sempilan, beliau sama sekali nggak keliatan keberatan, kecapekan, buru-buru, atau gestur tidak menyenangkan lainnya. Beliau tetep ramah, tetep sabar, dan teliti meriksa gue dan mamas bayi.

Mulailah USG Fetomaternal yang selama ini kami cari-cari.

Hasil dari gue diperiksa dokter Bambang, iya mamas bayi kecil. Dokter Bambang bahkan sempet ngira kalau gue salah hitung bulan. Gue sempet mikir, "yakali selama berbulan-bulan ini kita salah ngitung bulan dan parah banget BWCC nggak nyadar." tapi di sisi lain hati gue berharap kalo iya beneran salah bulan aja, jadi bayi gue beratnya normal dan semuanya baik-baik aja.

Tapi setelah gue cek dan gue kasih tau kapan gue lihat positif, kapan cek pertama kali di BWCC dll, kesimpulannya gue nggak salah bulan.. *hiks

Yang bikin khawatir lagi, selama ada kali satu jam gue diperiksa dokter Bambang, mamas bayi sama sekali nggak bergerak-gerak. Dokter Bambang padahal udah berusaha buat mamas bayi bergerak. Tekan sana, tekan sini.. Tapi sama sekali nggak pengaruh, mamas bayi masih anteng aja.
Tapi alhamdulillaah, dicek detak jantungnya masih bagus normal kayak biasa.

Intinya, mamas bayi nggak dapet nutrisi dari apa yang gue makan, makanya beratnya kecil. Tapi Alhamdulillaah mamas bayi masih hidup dan so far insyaAllah sehat dari detak jantungnya yang bagus. Cuma organ dalam lainnya mau diperiksa nggak bisa karna mamas bayi kekecilan. Beliau merekomendasikan gue buat disuntik aminofluid dan suntik penguatan paru buat jaga-jaga kalau mamas bayi harus dikeluarin secepatnya. Trus minggu depannya gue disuruh balik lagi jumpain beliau untuk dilihat perkembangannya.

Beliau juga sebenernya nyaranin gue buat langsung ditindak di YPK Mandiri aja dari saat itu juga. Beliau sempet nanya, di klinik tempat gue biasa periksa (dan gue berencana melahirkan) ada perawatan anak baru lahir nya apa enggak. Gue jawab dengan pede dan polosnya, ada. Karna gue pikir ya perawatan anak baru lahir biasa aja gitu.. Ternyata yang beliau maksud dengan perawatan anak baru lahir itu adalah NICU. Belakangan gue baru ngerti, pantesan waktu itu beliau nyuruh gue dirawat disana aja karena "perawatan bayi baru lahir" disana lengkap dan dokternya terbaik di Indonesia, dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K).

Sebenernya gue nggak mau dirawat disitu simply karna asli jauh banget dari kosan gueee.. Mana daerah macet. Waktu itu aja gue memakan waktu sekitar hampir dua jam di perjalanan. Nggak kebayang kalo gue kudu sering bolak-balik macet-macetan Cilandak-Menteng.

Dan Perjalanan Panjang pun Dimulai...



Kamis, 29 November 2018

Pagi-pagi gue hubungin dokter Dini buat ngasih kabar hasil pemeriksaan fetomaternal kemarin sama dokter Bambang. Nggak lama, dari pihak BWCC kontak gue, bilang suruh dateng buat disuntik Aminofluid. Dokter Bambang kemarin cerita kalau disuntik aminofluid itu maksudnya disuntik nutrisi langsung ke mamas bayi, nggak lewat sari-sari makanan yang gue makan dan gue cerna. Kayak masuk kuliah tapi "jalur khusus" gitu lho...

Tapi gue nggak tau kalau yang dimaksud dengan "disuntik aminofluid" adalah disuntik dan dimasukkan aminofluidnya secara sangat perlahan alias diinfus. Yang mana infusannya itu prosedurnya habisnya per 12 jam atau per 6 jam. Dan dosis yang dikasih dokter Dini berapa gitu gue lupa, tapi itu mengharuskan gue buat dirawat inap di Jagakarsa.

Sedangkan sore itu gue dan suami dateng ke BWCC tanpa bawa apa-apa; layaknya orang mau cek rutin aja. Hahaha...
Akhirnya gue langsung dirawat inap disana, dan maghribnya suami gue pulang ke rumah buat bawa perlengkapan buat satu dua hari.



Bersambung ke part III aja ya.. udah panjang banget ini.. Hahaha..

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kelahiran Mamas Bayi (Part 1)

Catatan Kelas Intensif Bengkel Diri - Tarbiyah Jinsiyah (part 1)