Membuat Mind Map Online Berbasis Website

Bismillahirrohmanirrohim.

Dalam rangka tugas pertama Bengkel Diri angkatan 4 yang diminta membuat potensi diri dan life mapping, saya mencari platform yang bisa membuat Life Mapping online. Kenapa? Soalnya kalau pakai kertas dan pulpen biasa (manual), agak ribet kalo mau nambah-nambahin di tengah-tengah...ngatur jaraknya syusyeh. Sebenernya ada juga sih aplikasi SimpleMind, tapi karna saya pakainya yang gratisan, jadi nggak bisa diunduh atau diexport lah itu hasil pemikiran panjang saya.. Hiks..

Akhirnya coba cari lagi yang online. Karna ada banyak, dan sekalian biar bisa sharing ilmu juga, maka berikut adalah daftar situs yang menyediakan jasa membuat Mind Map secara online:

1. MindMup

Mindmup ini enak, tampilannya simpel dan mudah digunakan. Mau tambah "anak poin" tinggal pencet (tab).. mau tambah "saudara poin" tinggal pencet (enter).
Kita juga nggak perlu sign in atau memasukkan identitas apa-apa untuk langsung memakainya.
Tetapi sayangnya, disini map yang kita buat bersifat public, artinya bisa dilihat semua orang, nggak bisa dihapus selama 6 bulan. Jadi ngga bisa deh kita bikin mapping gebetan potensial disini *eh.
Bisa dijadikan private Mind Map kita, dengan cara subscribe. Yang mana biayanya adalah $ 2.99 per bulan untuk akses personal, atau $ 100 untuk organisasi. Lumayan mehong ya cyin...
Kekurangan lainnya nih, di poin-poin mindmap kita, nggak bisa dibuat beberapa baris. Karena begitu kita pencet tombol "enter", maka akan otomatis nambah poin baru yang tingkatnya sama dengan yang sedang kita kerjakan. Jadi kudu bikin mindmap yang simpel-simpel aja, nggak boleh panjang dan belibet.
Oh iya, sama kalau di Mindmup ini agak saklek posisi poin-poinnya.. Nggak bisa bebas dipindahin posisinya karna mereka akan atur align nya.

2. Canva

Canva ini adalah aplikasi yang direkomendasikan di Bengkel Diri. Kelebihannya, mereka sudah menyediakan banyak template dan banyak yang bisa dipakai secara gretong. Dibandingkan mindmap yang lain, Canva yang paling eyecatching darisananya.. (Soalnya yang lain background nya polos-polos aja hahaha). Bisa ditambahin gambar, ganti background, ganti jenis font, dll.
Tetapi kekurangannya, bikin canva ini seperti bikin presentasi di PowerPoint, jadi kalau kita mau nambah atau ngurangin poin-poin dari template, agak rempong. Node-node nya nggak bisa terkoneksi secara otomatis (atau saya yang belum nemu caranya, ya?).
Kekurangan yang kedua, agak berat dibandingin situs yang lainnya. Mungkin karna disana banyak gambar jadi agak makan waktu (dan kuota).

3. Bubbl

Bubbl mirip kayak Mindmup (karna saya kadung bukanya Mindmup duluan, jadi Bubbl yang mirip Mindmup) secara tampilan. Tapi dia lebih kece (menurut saya) karena di poin-poin nya kita bisa bikin lebih dari satu baris alias mencet tombol (enter). *sungguh, bahagianya Aisyah itu sangat sederhana. Sesederhana bisa bikin poin dua baris. Hahaha
Ini juga interface nya simpel dan mudah digunakan. Karna tombol (enter) bisa dipakai untuk ganti baris, maka sedikit berbeda dengan Mindmup, untuk menambah "anak poin" yang dipakai tombol (ctrl+enter), dan untuk menambah "saudara poin", pakai tombol (tab).
Posisi tiap poin di Bubbl juga lebih fleksibel untuk dirubah-rubah; geser kanan, kiri, atas bawah, bebaasss..
Cakepnya juga, di Bubbl, kita bisa save mindmap kita, download juga bisa, dan private.
Tapi kekurangannya, untuk akun gratis, terbatas sampai 3 mindmap saja. Dan kalau mau upgrade ke full version, biayanya lebih mahal yaitu $ 4,91 per bulan. Hahaha..

4. Imindq

Imindq ini, saya belum nyoba. Hahaha..
Karna belum apa-apa, belum lihat interface nya, belum tau kelebihan dan kekurangannya, kita harus terlebih dahulu register atau sign in.
Karna saya malas  emailnya sudah terlalu banyak dipakai register ke situs ini-itu sehingga isi inbox spam semua, jadi Imindq akan dicoba lain kali saja. Hahaha..

5. Mindmeister

Mindmeister ini juga sama dengan Imindq, sebelum kita pakai, kita harus dan nggak boleh nggak login atau register dulu. Jadi insyaAllah dicobanya kapan-kapan aja ya. Hehehe..

6. Mindmapmaker
Kalau Mindmapmaker sama seperti tiga situs yang awal saya review, tidak perlu login terlebih dahulu untuk mencoba menggunakannya.
Secara tampilan, Mindmapmaker lebih detail. Background default nya menggunakan grid, tidak polos seperti yang lain.
Tetapi kekurangannya, ada ads yang selalu berkeliaran. Menurut saya itu sih agak mengganggu. *Iyee gue tau user kayak gue juga mengganggu, pengennya gretongan tapi nggak mau ada ads. Hahaha..

Masih ada lagi Goconqr dan Coogl yang belum dicoba. Sekilas lihat sih, yang Coogle ini menarik banget. Mari kita lihat esok hari. Hahaha..

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kelahiran Mamas Bayi (Part II)

Cerita Kelahiran Mamas Bayi (Part 1)

[Tutorial] Cara Membuat Efek Watercolor pada Foto Menggunakan Adobe Photoshop