[Tutorial] Cara Menginstall atau Menambahkan Brush pada Adobe Photoshop

Dan saya baru tau akhir-akhir ini, kalau brush di Photoshop bisa ditambahkan (bahkan didonlot gratis). Apalagi Photoshop yang saya pake Photoshop portable. Hahaha.. *iya maap kudet emang :v

Gara-garanya, waktu itu belajar bikin gambar digital dari foto (yang maap belum sempet dishare tutorialnya) sama belajar bikin efek watercolor pake Photoshop juga. Di dua pelajaran baru tersebut, ada step yang butuh brush yang nggak ada di default nya Photoshop..

Yak langsung aja yaa..

Jadi pertama-tama, kita siapin dulu brush yang mau dimasukin ke potoshop. Waktu itu saya nambahinnya brush bulu mata (hahaha) sama brush watercolor. Donlotnya bisa di situs kayak https://www.brusheezy.com/.

Biasanya hasil donlotannya berupa .zip/rar

Langkah berikutya adalah dengan mengekstract brush tersebut.
Setelah di extract, nanti akan ada file yang type file nya .abr. Nah, file ini yang akan kita pakai untuk menambahkan brush ke photoshop tersayang kita tadi.



Kalau file nya sudah ada, cus kita langsung buka photoshop kita. Lalu pilih tools brush.
Biasanya di bawah menu, ada opsi yang untuk milih-milih brush. Nah disana diklik, abis itu nanti ada lagi opsi buat pengaturan brush. *et bingung euy jelasinnya.. liat gambar aja yak..*
Trus pilihlah yang load brush.


Setelah itu akan muncul window baru. Lalu cari tempat dimana tadi kita meletakkan brush yang udah kita donlot. Pilih file .abr nya, lalu klik OK.


Udah deh! Brush baru pilihan kamu langsung bisa digunakan! Dia ada di paling bawah macem-macem brush..


Selamat mencoba dan berkreasi!

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kelahiran Mamas Bayi (Part II)

Cerita Kelahiran Mamas Bayi (Part 1)

[Tutorial] Cara Membuat Efek Watercolor pada Foto Menggunakan Adobe Photoshop